Bahas Rencana Pembangunan 2018, Desa Gandeng PLD

Peserta Musrenbangdes 2017
Peserta Musrenbangdes 2017

PADAMARA – Pemerintah Desa Karangjambe menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Musyawarah yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Karangjambe pada tanggal 29 November 2017, dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Kasi PMD Kec. Padamara, BPD, LPMD, RT, RW, KPMD, Kader PKK, PLD, serta perwakilan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Mangil selaku Kepala Desa Karangjambe menyampaikan bahwa musyawarah ini bertujuan untuk menentukan rencana pembangunan yang akan dilakukan di tahun 2018. “Musyawarah ini bertujuan untuk menentukan pembangunan yang paling mendesak agar bisa segera di prioritaskan untuk pembangunan tahun 2018, dan kami berharap kepada Ketua RT dan RW tidak bosan-bosannya mengusulkan baik usulan fisik maupun non fisik, karena meskipun tidak terlaksana pada tahun 2018 akan diusulkan kembali di tahun berikutnya”, ungkapnya.

Musrenbangdes 2017Inu Karmulyo Adi, SH selaku Kasi PMD Kecamatan Padamara  mengatakan bahwa berdasarkan Undang-undang keterbukaan informasi, masyarakat bisa mengakses anggaran pendapatan dan pengeluaran yang tertuang di APBDes melalu Baliho atau Spanduk di masing-masing Desa. Selain itu di Kecamatan Padamara kedatangan 6 orang Pendamping Desa yang sebelumnya hanya 2 orang.

Beliau mengharapkan agar Desa bisa bekerjasama dengan PLD dimasing-masing desa dampingan. Kemudian beliau memperkenalkan 4 orang Pendamping Desa yang bisa hadir dalam musrenbang Desa Karangjambe, diantaranya yaitu Mohamad Ali Nurokhim selaku PDP (Pendamping Desa Pemberdayaan), Hari Cahyadi selaku PLD (Purbayasa, Mipiran, Karanggambas) , Antonius Vitriawan P. selaku PLD (Karangjambe, Bojanegara, Dawuhan, Gemuruh) dan Etha Damayanti  selaku PLD (Karangpule, Sokawera, Kalitinggar). Serta yang berhalangan hadir yaitu Arini Nur Faizah selaku PLD (Padamara, Prigi. Kalitinggar Kidul) dan Aan Solekhan selaku PDTI (Pendamping Desa Infrastruktur)

(Kanan) Hari Cahyadi, Mohamad Ali Nurokhim, Antonius Wawan P. , Etha Damayanti
(Kanan) Hari Cahyadi, Mohamad Ali Nurokhim, Antonius Wawan P. , Etha Damayanti

Selain itu dibentuk juga Tim Delegasi yang mewakili Desa Karangjambe di Musrenbang tingkat kecamatan, sejumlah 6 orang yaitu Mangil selaku Kepala Desa, Sutarman, S.Pd sebagai unsur BPD, Fitri Yulianti sebagai unsur KPMD, Drs. Sahlan sebagai unsur LPMD, Sunardi sebagai unsur Tokoh Masyarakat dan Tri Hermayanti sebagai unsur PKK.

Ali selaku Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) menambahkan bahwa Dana Desa (DD)  diharapkan tidak hanya untuk pembangunan fisik semata, tetapi juga harus menyertakan pembangunan Non-Fisik berupa pemberdayaan masyarakat baik dibidang kesehatan , bidang pendidikan, maupun bidang lainnya. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *