Belum Lengkapi Persyaratan, Puluhan Petani Sementara tak Kebagian Kartu Tani

Acara Distribusi Kartu tani
Acara Distribusi Kartu tani
PADAMARA – Bertempat di Aula BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Hari Rabu (18/10), telah di laksanakan Rapat Koordinasi Rekapitulasi RDKK Pupuk Bersubsidi dan Distribusi Kartu Tani Se-Kecamatan Padamara. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Kec. Padamara, Babinsa, PPL, Gapoktan, dan Kelompok Tani se-Kecamatan Padamara, Serta Pihak BRI selaku Mitra penerbit Kartu Tani.
Reza anggraheni suryaninggar, A.Md atau akrab dipanggil Caca selaku Admin SIMPI  (Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia) memaparan hasil validasi data petani dan rekapitulasi RDKK Tahun 2018 berdasarkan SIMPI sejumlah 2101 kartu tani untuk petani se-Kecamatan Padamara telah terdata dan tercetak. Nantinya Kartu tani tersebut di distribusikan melalui PPL di masing-masing desa bekerja sama dengan Gapoktan.
“Salah satu kendala pendataan kartu tani masih banyak petani baik penggarap maupun pemilik sawah yang belum menyetorkan KTP dan SPPT lahan sawahnya. Padahal PPL sering melakukan sosialisasi ke kelompok tani berkaitan dengan pentingnya Kartu Tani tersebut ” Ungkap Caca
penyerahan kartu tani
penyerahan kartu tani

Kartu Tani yang dibagikan ke petani tersebut untuk mempermudah penyaluran pupuk bersubsidi guna mendukung pertanian di Wilayah Kecamatan Padamara. Tanpa Kartu Tani yang berlaku Tahun 2018 petani tidak bisa beli pupuk bersubsidi. Penyerahan Kartu tani secara simbolik di serahkan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Padamara, Inu Kamulya Adi, SH. kepada Sanmardi selaku ketua KTNA Kecamatan Padamara.

Pemotongan tumpeng
Pemotongan tumpeng
Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, yang merupakan agenda rutin KTNA setiap Bulan Sura atau Suraan. Sementara di Desa Karangjambe terdata 195 Orang sudah mendapatkan Kartu Tani.
“sebagian warga Desa Karangjambe memang ada yg belum bersedia melengkapi persyaratan, belum dihitung jumlah persisnya, namun saya perkirakan masih ada puluhan petani,” kata Puji Selaku PPL Desa Karangjambe. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *