BKM Awards & Pengundian Doorprize Tutup Program Kerja BKM Pinang Jaya 2016

Peserta RWT 2016 Desa Karangjambe
Peserta RWT 2016 Desa Karangjambe

PADAMARA – BKM Pinang Jaya Desa Karangjambe pada Jumat (30/12), selenggarakan Rapat/Rembug Tahunan Warga (RWT). Rapat warga desa yang dilakukan secara rutin pada bulan Desember setiap tahunnya ini juga merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi dari himpunan warga desa.
RWT juga wujud dari kedaulatan warga untuk melakukan kontrol terhadap lembaga/organisasi yang sebelumnya telah diberikan amanah oleh warga untuk mengelola kegiatan pembangunan. Khususnya upaya untuk penanggulangan kemiskinan di kelurahan /desa dengan acuan PJM (perencanaan jangka menengah) Pronangkis (program penanggulangan kemiskinan) dalam hal ini dikelola oleh BKM atau Badan Keswadayaan Masyarakat “PINANG JAYA”.

Pemenang hadiah doorprice dan Penerima BKM Awards
Pemenang hadiah doorprice dan Penerima BKM Awards

Acara Pada malam itu pun diawali dengan pembukaan, sambutan dari koordinator BKM, Koordinator Faskel Tim 03, dan sambutan Kepala Desa. Diawali dari tahun 2015 lalu, pada Tahun ini pun BKM kembali memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada kinerja BKM terdahulu dengan memberikan penghargaan berupa cindera mata, piala dan piagam penghargaan.
Pada tahun ini yang dinobatkan dalam BKM Awards adalah Bapak Sobirin dan Ibu Suhati, karena atas jasa-jasa beliau pembangunan dan kegiatan BKM bisa dirintis di Desa Karangjambe. yang sesuai Akta Notaris No. 40 Tanggal 25 September 2005 dibentuklah BKM “PINANG JAYA”.

perwakilan rembug warga
perwakilan rembug warga

Acara selanjutnya diisi dengan Laporan pertanggungjawaban BKM mengenai Pengelolaan keuangan (hasil audit & tinjauan partisipatif), Kinerja kelembagaan BKM baik Sekretaris, UPL, UPS, maupun UPK, dan Rencana kerja BKM untuk tahun berikutnya. kemudian dibentuklah 3 orang perwakilan Tim Rembug dari perwakilan warga, yaitu Pak Sutarman, S.Pd, Pak DS. Cahyadi dan Ibu Suhati. Forum rembug tersebut juga akhirnya diterima dan disepakati oleh warga mengenai laporan BKM tersebut.
Dalam rangka penanganan masalah kredit rumah tangga miskin dan dana perguliran UPK yang terkadang mengalami kendala kemacetan diharapkan masyarakat bisa membantu BKM untuk mengingatkan dalam forum Pertemuan RT maupun RW.

 

Doa Penutup dibawakan Pak Sutikno
Doa Penutup dibawakan Pak Sutikno

Mendekati akhir acara dilakukan pengundian doorprice berupa 4 jam dinding, 2 senter, dan 1 buah HP.  Pengundiannya pun cukup unik yaitu dengan mengundi berdasarkan nomor daftar hadir peserta dengan menggunakan kertas lintingan yang telah dipersiapkan Panitia. Keberuntungan beberapa kali jatuh ke anggota BKM, bahkan hadiah senter juga didapat oleh koordinator Faskel Tim 03 yaitu Saudara Wiwit. tetapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya hadiah di undi kembali. Hadiah utama 1 buah HP pun akhirnya jatuh ke tangan Kadus II yaitu Saudara Imam Suseno. Akhir acara kemudian di tutup dengan doa yang di pimpin oleh Bapak Sutikno.  (Bang_Nur_Ganda)

 

 

Personil BKM Pinang jaya dan Faskel Tim 03
Kepala Desa Karangjambe, Personil BKM Pinang jaya dan Faskel Tim 03

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *