Damkar Purbalingga Sosialisasikan Penggunaan APAR

PADAMARA – Sabtu (28/4) Bidang Pemadam Kebakaran Damkar Pos Purbalingga melaksanakan sosialisasi tentang pemadam kebakaran yang diikuti oleh warga Desa Karangjambe, dengan materi Pengenalan APAT (Alat Pemadam Api Tradisional) dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) serta praktek lapangan pemadaman api dengan jumlah peserta 40 orang yang terdiri dari warga masyarakat dan Perangkat Desa Karangjambe.

Sosialiasi tersebut di komandoi oleh Kasi Pemadam dan Kedaruratan, Wuwun Kuswoyo, SH, Kasi Sarpras, Khusnul, S.Sos serta anggota Pos Damkar Purbalingga. Materi sosialisasi meliputi tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran, memperkenalkan berbagai peralatan memadamkan api bila terjadi kebakaran besar, penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), dan pemadaman api secara tradisional.

“Juga diperkenalkan cara menanggulangi kebakaran, bila terjadi percikan api di selang regulatornya kompor gas,” ujarnya.

Petugas Damkar Mempraktekan cara memadamkan api

Selain teknik dan simulasi pemadaman api, peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang pengendalian bencana alam.

“Setiap warga sejatinya memahami dan mengerti cara menangani api kala terjadi kebakaran. Karena kebakaran merupakan bencana yang cukup banyak merugikan warga,” ujarnya’

Kepada seluruh warga masyarakat diharapkan usai sosialisasi dapat memakai alat pemadam api yang ada, baik memakai Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ataupun Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) di setiap ruangan yang ada.

Ia meminta agar segenap warga masyarakat dan perangkat desa menjadikan sosialisasi sebagai kegiatan pengetahuan dan keterampilan pencegahan awal. Bila terjadi percikan api di setiap lini, segera dicegah dan segera dipadamkan. Sementara itu dilaporkan juga kepada Petugas Pemadam Kebakaran pada Posko terdekat.

Ia juga meminta seluruh masyarakat untuk terus mengecek beberapa hal dalam rumah tangga dan kantor, yang rasanya mengganggu dan merusak, dan nantinya bisa munculnya percikan api. Api kecil sangat berguna, dan menjadi kawan. Bila besar menjadi lawan.

Sosialisasi dari Petugas Pemadam Kebakaran

Drs. Sujaryanto selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Padamara yang hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa Garda terdepan dalam setiap masalah kebakaran di rumah, termasuk di Kantor Desa Karangjambe, adalah bapak-bapak dan ibu-ibu rumah tangga serta perangkat desa. Hendaknya setiap warga dapat mencermati dan melakukan kegiatan preventif. Mengikuti pelatihan dan simulasi dengan baik. Beliau juga berharap dengan adanya pelatihan ini bisa menambah keterampilan khusus dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *