Dinhubkominfo Juguran Bareng Admin Website Desa

14599652_10207625053333678_1877153449_o

PURBALINGGA – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga Minggu (2/10) mengadakan pertemuan dengan para admin website desa di LPPL Radio Ardi Lawet Purbalingga. Pertemuan tersebut, Dinhubkominfo mencoba mengakrabkan sekaligus mereview kembali peran para admin yang telah difasilitasi website desa itu.

Dalam perkembangannya ternyata belum semua admin telah memfungsikan website desa dengan maksimal. Baryati selaku Kasi Sarana Komunikasi dan Diseminasi Dinhubkominfo Purbalingga, mengatakan walaupun secara teknis pengelolaan website belum maksimal, namun beliau berharap agar para admin website desa untuk tetap mengupdate konten.

“Sebab tujuan adanya website desa justru untuk menyajikan informasi seputar desa kepada masyarakat, bukan untuk didiamkan atau dirias saja,” tutur Baryati.

Admin desa serius belajar tentang pengelolaan website
Admin desa serius belajar tentang pengelolaan website

Ia menambahkan, dengan seringnya mengunggah konten ke web desa, diharapkan masyarakat mendapatkan informasi terbaru dari desanya. Selain itu,penyajian konten website desa menurutnya harus sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

 

Diketahui, sudah ada sebanyak 14 desa di Purbalingga yang mempublikasikan website resmi desanya. Sayangnya yang hadir dalam pertemuan tersebut hanya 7 orang admin desa saja, yakni dari Desa Dagan, Desa Bojongsari, Desa Sinduraja, Desa Sempor Lor , Desa Candinata, Desa Selakambang dan Desa Karangjambe.

Pertemuan yang bertajukan “juguran” ini, para admin website desa yang tergabung dalam Agen Perubahan Informatika (API) Kabupaten Purbalingga, juga curhat mengutarakan hambatan yang sejauh ini sering dialami ketika mengelola website desa. Diantaranya yaitu kendala mengenai Pemdes yang belum sepenuhnya mendukung pengelolaan website, minimnya fasilitas pemdes berkaitan dengan jaringan internet, dan masih terbatasnya pengetahuan sebagian admin website mengenai pengelolaan website desa tersebut.

Pada akhir acara juguran juga dilaksanakannya pelatihan sederhana untuk membuat header logo website yang dipandu oleh Kang Sukman selaku admin website dari Desa Dagan. Ia mencoba berbagi ilmu seputar disain grafis kepada para admin yang lain.

Selain itu, dalam sesi penutupan juga disepakati Juguran API Purbalingga sebagai agenda rutin, yang akan dilaksanakan setiap bulan.

Foto bersama admin websitedesa
Foto bersama admin website desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *