Dinpendukcapil Adakan Bimtek Akta Lahir dan Mati Online

Peserta Bintek Hak Akses Desa

PURBALINGGA – (09/08) Berdasarkan Undang-undang nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dan dalam rangka implementasi perjanjian kerja sama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Purbalingga dengan Desa/Kelurahan, maka Dinduk mengadakan Bintek Hak Akses Desa tentang Akta Kelahiran dan Akta Kematian Online yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2018.

Bintek yang diikuti oleh 72 Desa dan kelurahan, yang terbagi menjadi 2 hari. Hari pertama berjumlah 27 desa dan 8 kelurahan , kemudian pada hari kedua berjumlah 36 desa dan  1 kelurahan.

Imam Sukamto, SE Kabid PIAK

Menurut Imam Sukamto, SE. Kabid PIAK, Pelaporan serta pengajuan Akta Kelahiran dan Kematian Online ini merupakan sebuah terobosan terbaru dari Dinpendukcapil dalam rangka tertib administrasi bagi masyarakat, sehingga diharapkan tidak ada data ganda maupun data yang sudah meninggal tetapi masih terdata di Dinpendukcapil.

Beliau juga mengharapkan kepada desa atau kelurahan yang belum mengajukan permohonan hak akses data ke Dinpendukcapil, agar segera mengajukan permohonan kerjasama hak akses desa ke Dinpendukcapil. Hak akses desa ini nantinya sebagai akun untuk login ke Aplikasi Pendataan Kependudukan online.

Rian Dwi Hangga selaku Staff Administrator Data Base, menyampaikan Bintek mengenai pembuatan pengajuan permohonan akta kelahiran dan kematian secara online. Prosesnya yaitu operator mengajukan akta kelahiran atau kematian dengan mengisi formulir pada aplikasi dari dinpendukcapil, kemudian setelah dikirim tinggal menunggu verifikasi dari operator di dinpendukcapil, kalau persyaratan belum lengkap maka ditolak oleh dinpendukcapil untuk kembali dilengkapi oleh operator di desa. Setelah data tersebut sudah lengkap semua maka akan dilakukan proses cetak.

Di akhir acara bintek Kabid PIAK berharap agar desa yang belum mengajukan Perjanjian Kerja Sama Hak Akses Desa agar segera mengajukan kerja sama, sehingga bisa mengakses untuk pengajuan permohonan Akta Kelahiran dan Kematian secara online. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *