Karangjambe Tampilkan Dames di Pentas Seni Padamara

Pagelaran Pentas Seni Kecamatan Padamara

Pagelaran Pentas Seni Kecamatan Padamara

PADAMARA – Dalam Rangka melestarikan seni Budaya Tradisional yang ada di wilayah Kecamatan Padamara, Pemerintah Kecamatan Padamara mengadakan aneka Pentas Seni. Khususnya Seni Tari Dames dan Kuda Kepang, tepatnya di Halaman Kantor Kecamatan Padamara, Rabu (18/10) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Desa Karangjambe turut andil menghibur dengan mempertunjukan Kelompok Seni Tari Dames “Mekar Sari”. Kelompok yang dipimpin oleh Ibu Ruswati mencoba merintis kembali dengan meregenerasi kesenian yang hampir punah ini. “Dari kami harus ada penari-penari Dames yang baru sebagai penerus. Dengan regenerasi tersebut diharapkan Seni tari Dames tidak hilang di Desa Karangjambe,” tuturnya.

Dra. Budi Utami, Selaku Camat Padamara sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dikarenakan yang berkembang saat ini mayoritas masyarakat sudah mulai mengabaikan bahkan melupakan kesenian tari tradisional. Tak sedikit anak muda yang malah lebih senang belajar tarian modern dari pada tarian tradisional. “Dari waktu kewaktu, tarian tradisional sudah mulai tertutupi oleh adanya tarian modern mekipun tidak semua, tarian tradisional kini sudah tidak dilirik lagi, bahkan Anak-anak hingga kaum muda kini sudah lebih mengenal tarian modern daripada tarian tradisional,” katanya.

Seni tari dames Desa Karangjambe

tari dames Desa Karangjambe

Dalam acara tersebut, selain Seni Tari Dames Mekar Sari Karangjambe, juga ditampilkan Pentas Kuda kepang oleh Kelompok Seni Kuda Kepang “Boja Wati” Desa Bojanegara. Warga Masyarakat pun antusias menonton Pentas Seni tersebut. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *