Kecamatan Padamara Adakan Bimtek Siskeudes (Hari Pertama)

PADAMARA – Dalam rangka mendorong terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif sebagaimana amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, khususnya Pengelolaan Keuangan Desa. Kecamatan Padamara mengadakan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) selama tiga hari yang dimulai hari Kamis (26/04/2018) di Aula Kecamatan Padamara. Kegiatan pelatihan diikuti 13 Desa di Kecamatan Padamara yang terdiri dari Kaur Keuangan , PLT Sekdes dan admin Siskeudes.

Camat Padamara membuka acara Bimtek Siskeudes

Dalam arahanya sekaligus membuka pelatihan Bintek (Bimbingan Teknologi) Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) se Kecamatan Padamara, Camat Padamara Suparno, S.Sos menekankan pentingnya pelatihan Siskeudes yakni agar Pemerintah Desa mudah dalam menyusun anggaran, membuat transparansi anggaran tertib sehingga dalam penggunaan alokasi dana semakin terbuka untuk masyarakat dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pemerintah Desa terpapar dengan jelas. Suparno juga berharap bahwa setelah Bimtek Siskeudes ini bisa mengimplementasikan di desa masing-masing sehingga memperlancar kegiatan administrasi desa.

Yusufi Syamsi menjelaskan mengenai Siskeudes

Bimtek hari pertama di disampaikan oleh Yusufi Syamsi yang merupakan Kasi Pemerintahan Desa Bungkanel, salah satu desa di Kabupaten Purbalingga yang telah menerapkan aplikasi Siskeudes.

Peserta Antusias mengikuti Bimtek Siskeudes

 

Peserta Antusias mengikuti Bimtek Siskeudes

Peserta Bimtek terlihat sangat antusias mengikuti pemaparan dan penjelasan dari tutor. Di tahun 2019 nantinya Aplikasi Siskeudes ini wajib diterapkan di masing-masing desa. Aplikasi Siskeudes merupakan aplikasi yang disusun dan dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai pelaksanaan Permendagri No. 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *