Ketua RT & RW Dilatih Urusan Administrasi Untuk Layani Masyarakat

Peserta Pelatihan Administrasi RT RW
Peserta Pelatihan Administrasi RT RW

PADAMARA – Minggu (26/11) Para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) di wilayah Desa Karangjambe, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, mendapatkan pelatihan pelayanan administrasi untuk membantu Pemerintah Desa. Hal ini membuktikan bahwa ketua RT dan RW cukup berperan penting dalam pemerintahan di desa.

Sambutan Kepala Desa Karangjambe
Sambutan Kepala Desa Karangjambe

Mangil selaku Kepala Desa Karangjambe mengatakan, sebagai mitra Pemerintah Desa dan kecamatan, setiap Ketua RT dan RW sangat membantu dalam penyelenggaraan urusan administrasi, pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Karena itu perlu adanya refreshing wawasan dalam segi pelatihan administrasi. Karena ada beberapa Ketua RT yang baru, juga sebagai pengingat kepada Ketua RT yang lama mengenai tertib administrasi.

“Suksesnya program di Desa Karangjambe merupakan bentuk partisipasi warga. Kami memberikan pelatihan wawasan keadministrasian bagi Ketua RT dan RW di Desa Karangjambe agar wawasan dan pengetahuan mereka lebih tajam,” jelas beliau.

Tugas utama mereka antara lain membantu kelancaran pelaksanaan tugas desa dalam penyelenggaraan bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan yang sedang dan akan berjalan. Berbagai materi yang diberikan di antaranya dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan dan administrasi pemerintahan yang lain, pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antarwarga, penggerak swadaya gotong-royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya. “Selain itu mereka bertugas memediasi komunikasi, informasi, dan sosialisasi antara pemerintah daerah dan masyarakat,” imbuhnya.

Bapak Suparno memberikan pelatihan Administrasi RT RW
Bapak Suparno memberikan pelatihan Administrasi RT RW

Dalam Pelatihan Administrasi kali ini dibimbing langsung oleh Suparno, Pelatihan berupa cara pengisian blangko KTP , KK, surat pengantar baik untuk permohonan SKCK, surat kehilangan, surat keterangan dan lain sebagainya.

Pada kesempatan itu Ketua RT dan RW diberikan insentif yang dialokasikan dari Alokasi Dana Desa. “Mudah-mudahan pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi semua, saya berharap, dengan adanya kegiatan ini maka pelayanan masyarakat lebih meningkat”. tuturnya (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *