Minggu Pertama Pencoklitan, PPS adakan evaluasi

Rapat Evaluasi Pencoklitan

PADAMARA – Sabtu (27/1) Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) bersama PPS, Sekretariat PPS, PPL Desa Karangjambe dan PPK Kec. Padamara berkumpul guna melaporkan hasil minggu pertama pencocokan dan penelitian data pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018

Ketua PPS Anjar Susianto

Anjar selaku Ketua PPS menghimbau agar Petugas PPDP untuk melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian ( coklit ) secara benar dan sungguh-sungguh. Menurut Anjar proses coklit yang benar adalah dilakukan dengan mendatangi dari rumah ke rumah (door to door). Tetapi masalahnya selama ini seringkali cara kerja petugas PPDP hanya dari belakang meja, dan tidak betul-betul datang ke rumah lantaran merasa sudah hafal dengan data warga pemilih maupun terkadang sudah memiliki data penduduk dari pendataan warga yang sejenis sehingga melakukan coklit hanya berdasarkan perkiraan.

“Karena itu, kami ingin mengimbau kepada seluruh PPDP di Desa Karangjambe , mereka harus bekerja sungguh-sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga dan melaksanakan prosedur ini dengan benar. Mencatat yang harus dicatat. Mencoret yang harus dicoret, Sehingga nanti pada saat Pilgub Juni 2018 pemilih di Desa Karangjambe terdaftar secara keseluruhan” Tegas Anjar

Kanan (Sri Danarti PPL Karangjambe) Kiri (Arafah PPK Padamara)

Selain itu Arafah selaku PPK Kecamatan yang pada kesempatan tersebut bisa hadir menyampaikan bahwa Tim PPK Kecamatan sangat mengapresiasi adanya inisiatif dari PPS dan Sekretariat Desa Karangjambe untuk melakukan evaluasi dan pelaporan minggu pertama lebih awal yang seharusnya dilaporkan pada 10 hari pertama pencoklitan, tetapi Desa Karangjambe 7 hari pencoklitan sudah merekap dan melaporkan mengenai hasil pencoklitan yang sediannya sudah mencapai 40% dari total pemilih di Desa Karangjambe. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa kerja sama tim dan koordinasi yang solid sangat diperlukan demi kesuksesan pemutakhiran data pemilih tersebut.

Petugas PPDP Desa Karangjambe

Darso salah satu Petugas PPDP dari TPS 6 menyampaikan beberapa kendala dalam pencoklitan, diantaranya adalah mengenai data pemilih yang pindah ke TPS lain. Kemudian langsung di jawab oleh Tim PPK Kecamatan bahwa pemilih yang pindah ke lain TPS bisa di coret dan di beri keterangan bahwa orang tersebut pindah ke TPS lain. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *