Tahun Ini, 12 Rumah Tidak Layak Huni dapat Bantuan Rehabilitasi

PADAMARA – Sebanyak 12 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Karangjambe tahun ini bakal tersentuh bantuan rehabilitasi alias pemugaran rumah dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Nilai bantuan untuk masing masing pemilik rumah calon penerima bantuan yakni Rp 10.000.000 yang harus dihabiskan untuk keperluan pembelian material bangunan.

Guna mengelola proses perbelanjaan anggaran bantuan dan proses pemugaran rumah nantinya, pada Rabu, (14/09/2016) kemarin telah dibentuk Tim Pengelola Kegiatan RRTLH di Balai Desa Karangjambe.

Kegiatan malam itu terlihat dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai unsur RT, RW ,Kader, BPD, Perangkat Desa, serta calon penerima program RRTLH.

14339870_10207481340060936_1651900469_o
Ditegaskan dalam rapat tersebut bahwa program RTLH merupakan kegiatan dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan serta guna pemenuhan kebutuhan rumah tidak layak huni dan sehat bagi keluarga miskin di Desa Karangjambe. Hal ini sesuai dengan amanah ketentuan pasal 22 Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

14316039_10207481339300917_799968779_o

Menurut Heru selaku Tim Koordinator RRTLH Kecamatan Padamara, Karangjambe terindikasi masuk zona merah atau zona kemiskinan tinggi, sehingga pada tahun ini Desa Karangjambe menerima bantuan RRTLH sebanyak 12 Unit.

“Sebanyak 12 rumah itu, kami pilih berdasarkan tingkat keparahan. Mudah mudahan tahun depan bantuan serupa dari Pemkab lebih banyak lagi dan secara bertahap bisa mengkover seluruh RTLH yang ada di Karangjambe ini,”

Dalam kesempatan yang sama, Tugino selaku perwakilan calon penerima mengaku sangat bersyukur dengan adanya program ini. Sebab menurutnya ini sangat membantu bagi warga miskin agar memiliki rumah yang layak huni dan sehat.

Hasil musyawarah pada pembentukan TPK RRTLH, disepakati bersama dan ditetapkan Ketua TPK RRTLH adalah Suratman Budy, sekretaris Ari Nurani, Bendahara Rasikun, Anggota Imam Suseno dan Amin Solichin.

Sementara Kepala Desa Karangjambe, Mangil berharap dengan adanya program RTLH bisa menanggulangi kemiskinan di Desa Karangjambe. “Disamping itu, juga memacu sikap gotong royong warga untuk bisa bahu membahu dalam proses rehab rumah nantinya,” sambungnya.

(Ari)

5 comments

  1. Sukses untuk program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Purbalingga

  2. Nah, setuju sama Mbekayu Ibar…Selain itu, sejatinya program rehab RTLH juga bertujuan untuk menggiatkan kembali budaya gotong royong masyarakat desa yang sepertinya mulai terkikis oleh sinetron…

    Salam sukses

  3. Kurang fotonya pak. Mungkin kalau di tambah foto rumah yang mau direhab akan lebih bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *