Sebentar lagi Pilgub, KPU Buka Pendaftaran PPK dan PPS

Camat Padamara dan Ketua KPU PurbalinggaPADAMARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga mengadakan rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Aula Kecamatan Padamara, Kamis (12/10). Sosialisasi ini dilakukan kepada pemerintah kecamatan dan desa serta kelurahan Se-Kabupaten Purbalingga. Alasan  KPU melibatkan para camat dan Kades yaitu karena untuk membantu mengumumkan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Padamara, Dra. Budi Utami berharap agar pembentukan PPK dan PPS berjalan lancar, dalam pelaksanaannya nanti bisa tertib administrasi, serta tingkat kehadiran pencoblos bisa maksimal. Karena dengan hasil pemilu tersebut merupakan tolak ukur keberhasilan baik Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan.

Ketua KPU Sri Wahyuni, A.KS

Rapat Koordinasi kali ini langsung dihadiri oleh Ketua KPU Purbalingga, Sri Wahyuni, A.KS. Karena sosialisasi tersebut berlangsung serempak di 6 Kecamatan. ”Nantinya Pemerintah desa membuat pengumuman kepada masyarakat sekitar, baik menempelkan di papan pengumuman atau disampaikan langsung ketika ada kegiatan di masing-masing wilayah,” ujar Sri Wahyuni.

Bagi calon PPK dan PPS yang sudah 2 periode menjabat sudah tidak boleh mendaftar lagi, Periode yang dimaksud adalah periode pemilu tahun 2005 – 2009 dan Tahun 2010 – 2014. Tetapi untuk kriteria calon pendaftar dipermudah dengan di tambahkan batas usia minimal dari 25 tahun menjadi 17 tahun.

Pengumumannya nanti akan dimulai pada 12 Oktober 2017 berikut pendaftaran sampai ditutup 17 Oktober 2017 untuk PPK, sedangkan untuk PPS Pendaftaran dan penyerahan persyaratan Administrasi berakhir pada tanggal 1 November 2017. Peran aparatur di tiap wilayah sangat penting agar nanti animo masyarakat meningkat.

”Jangan sampai saatnya nanti sepi pendaftar. Sementara untuk petugas PPK tetap menggunakan lima orang sesuai peraturan KPU tahun lalu (2016, red). Kecuali untuk pileg, dan pilpres, PPK tiga orang,” pungkasnya.

Formulir pendaftaran PPK dapat diperoleh di kantor KPU Kabupaten Purbalingga Jl. Kalikajar No.02 Kaligondang Purbalingga atau melalui website : http://www.kpud-purbalinggakab.go.id/  , Kecamatan dan Kelurahan/Desa. (Bang_Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *