Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih

Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih

PADAMARA –  Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karangjambe , melaksanakan Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) kepada Masyarakat Desa Karangjambe pada hari Rabu (17/10) dan dilakukan serentak di Kabupaten Purbalingga. Sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Padamara berdasarkan :

  1. Surat edaran KPU Republik Indonesia Nomor : 1033/PL.01.2-SD/01/KPU/IX/2018 Tanggal 07 September 2018 tentang Penyempurnaan Daftar pemilih Tetap.
  2. Surat edaran KPU Republik Indonesia Nomor : 1099/PL.01.2-SD/01/KPU/IX/2018 Tanggal 20 September 2018 tentang Penyempurnaan Daftar pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) -1
  3. Intruksi KPU Kab. Purbalingga berkenaan dengan Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP)

Secara garis besarnya, pelaksanaan gerakan ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya pemilih yang belum masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 karena belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, adanya orang yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai pemilih, dan pemilih ganda. KPU RI berharap GMHP  berkontribusi dalam proses pemutakhiran daftar pemilih agar tak ada satu pun pemilih yang tidak terakomodasi.

Anjar selaku Ketua PPS dalam sambutannya menerangkan pentingnya melaksanakan Sosialisasi ini karena sebagai dasar landasan tata cara bagaimana masyarakat bisa mengetahui dirinya sudah terdaftar atau belum dalam DPT.

“ Sosialisasi pembentukan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMPHP) ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum, karena hak pilih semua warga tidak boleh ada yang terlewat dalam DPT, dan diharapkan pengecekan sebelum tanggal 28 Oktober 2018”. ujar Anjar.

Adapun langkah selanjutnya yang dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karangjambe dalam menyikapi Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) ini adalah :

  1. Memberikan Brosur/Pamflet kepada masyarakat tentang GMHP
  2. Melaksanakan Pengecekan ulang DPT
  3. Membuat Posko Pengaduan Masyarakat bila ada yang belum terdaftar dalam aplikasi “KPU RI PEMILU 2019”

 

dan untuk tutorial pengecekannya bisa dilihat  Disini

download aplikasinya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *